Healthy Smile: Nafsu Makan Berlebih? Kurangi Donk

Nafsu Makan Berlebih? Kurangi Donk

Hai sob, kalo di meja makan kita dihidangkan makanan favorit kita, pasti kita akan lebih lahap makan dan kita bisa makan lebih banyak dari biasanya. Dengan begitu badan kita bisa jadi gendut apabila setiap hari meja makan kita tersedia makanan favorit. Dan apabila sudah gendut, sulit bagi kita untuk menurunkan berat badan. Diet keras lah yang harus kita jalani. Nah kali ini saya akan berbagi tips untuk menekan nafsu makan Anda agar Anda tidak terjebak dalam kegendutan pada badan Anda.


Jangan telat makan
Perhatikan dan patuhi jam makan Anda. Makan setelah jam 8 malam akan membuat Anda menumpuk lemak dalam tubuh. Terlambat makan malam juga akan merusak pencernaan Anda. Pada waktu malam hari tubuh mengolah vitamin dan mineral serta memperbaiki sel-sel yang rusak. Jika kemudian Anda makan lebih dari jam 8, maka proses metabolisme tubuh Anda akan menurun.

Atur Porsi Makan
Jika Anda sering makan di meja makan dengan berbagai macam hidangan, ubah kebiasaan ini. Anda akan cenderung mengambil makanan kembali ketika piring Anda mulai kosong. Ambil makanan dalam porsi yang wajar kemudian cari tempat makan di ruangan lain. Anda juga bisa menambahkan makanan pencuci mulut untuk mengakhiri santapan Anda.

Jangan Malas
Jangan sampai Anda terjebak pada kondisi ini jika Anda sedang berusaha diet. Misal ketika Anda sedang sendirian di rumah, Anda cenderung memilih makanan cepat saji atau snack yang hanya mengenyangkan beberapa saat. Akibatnya pada tengah malam Anda kembali lapar.

Minum Air Mineral
Mengkonsumsi air mineral setidaknya 1-2 gelas sebelum makan. Kenapa ? karena ini akan membuat perut anda terasa kenyang meskipun porsi makan belum habis. Silahkan buktikan cara simple namun manjur ini.

Konsumsi Sayur dan Buah buahan
Cobalah untuk mengkonsumsi sayur dan juga buah yang mengandung banyak air dan juga serat. Kenapa harus yang mengandung air ? Karena kandungan air yang terdapat dalam buah tersebut dapat memberikan efek kenyang.

Konsumsi Makanan Penunda Lapar
Perut lapar pada jam-jam nanggung dapat anda atasi dengan mengkonsumsi makanan penunda lapar. Diantaranya yakni biskuit, teh manis, susu, roti, pisang, dan masih banyak lagi. Jangan sampai rasa lapar anda dibiarkan, sebab nanti anda akan menghabiskan porsi besar saat waktunya makan.

Jangan Telat Makan
Pada poin ini, anda harus memperhatikan dan mematuhi jadwal waktu makan anda. Makan setelah 8 jam akan membuat lemak menumpuk di dalam tubuh anda dan terlambatnya makan juga bisa merusak pencernaan anda. Ketika malam hari, tubuh bekerja yaitu dengan mengolah vitamin dan mineral serta memperbaiki sel-sel yang telah rusak. Bila kemudian anda makan lebih dari jam 8, maka proses metabolisme dalam tubuh anda akan menurun.

Makan Secara Perlahan
Mengunyah makanan yang terburu-buru dapat membuat anda tidak sadar sudah berapa banyak porsi yang anda habiskan. Selain itu, kebiasaan tersebut juga kurang baik untuk pencernaan anda. Jadi cobalah untuk mengunyah makanan sampai lembut ya.


Source: Vemale, Cara-kesehatan

3 komentar:

Copyright © Healthy Smile Urang-kurai