Healthy Smile: Jangan Kehilangan Nutrisi karena Salah Memasak

Jangan Kehilangan Nutrisi karena Salah Memasak

Ibu ibu (chef harada's style) yang rajin memasak setiap hari, jangan sampai masakan Anda hilang nutrisinya atau menjadi tidak sehat. Memasak makanan harus dilakukan dengan cara yang benar dan higienis untuk menghindari hilangnya kandungan gizi dalam makanan itu sendiri. Saya akan mengulas cara cara memasak yang baik untuk kesehatan dan tidak menghilangkan nutrisi dalam makanan. Mari simak baik baik...



Merebus
Merebus sayur adalah cara yang paling tidak dianjurkan karena resiko nutrisi hilang sangat besar. Jika anda harus menggunakan cara ini, tambahkan sayur hanya setelah air mulai mendidih dan masaklah sesingkat mungkin. Tips khusus untuk memasak dengan merebus
 Biarkan air mendidih selama kurang lebih dua menit hingga oksigen berkurang. Oksigen dalam airlah yang menyebabkan , vitamin C dalam sayur menguap. Jangan pernah merebus langsung sayur yang ditempatkan dalam air dingin. Itu hanya akan mengurangi kadar vitamin C, 10 hingga 12 kali lipat.

Mengukus / Steaming
Proses memasak bahan makanan dengan cara menggunakan uap air yang mendidih lebih dikenal dengan sebutan Steaming atau Mengukus. Walaupun dalam proses ini bahan makanan tidak bersentuhan secara langsung dengan air yang sedang mendidih, proses ini termasuk teknik memasak yang basah.
Karena proses ini menggunakan uap air untuk mematangkan bahan makanan dan seperti yang kita ketahui uap air adalah kumpulan air yang menguap. Jika memakai tekhnik ini, gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam makanan bisa tetap terjaga dikarenakan bahan makanan tidak bersentuhan secara langsung dengan air.

Memanggang
Kita bisa untuk memanggang bahan makanan ayam, sayuran, buah-buahan, daging dan makanan laut. Agar bisa memanggang, caranya adalah dengan menaruh makanan ke atas piring atau kedalam wadah tertutup seperti panci lalu dimasukkan ke dalam oven. Kita dapat memasaknya walaupun dalam keadaan tertutup, karena proses memanggang tidak perlu ditambahkan lemak atau minyak ke dalam makanan.

Menumis / Stir Frying
Stir Frying adalah salah satu metode memasak yang tradisional dari Asia, caranya adalah memasak dengan cepat pada bahan makanan yang kecil atau tipis.Kita dapat memasaknya tanpa menggunakan lemak atau minyak jika menggunakan peralatan memasak yang anti lengket.
Karena metode ini hanya menggunakan sedikit minyak jadi secara tidak langsung aman dan sehat untuk kesehatan kita, hasilnya pun akan lebih maksimal jika kita menggunakan minyak lemak tak jenuh seperti minyak canola. Jika kita mengikuti resep tertentu, gunakanlah cooking spray, air atau kaldu rendah sodium untuk pengganti minyak agar kualitas rasa dan nutrisi pada makanan dapat tetap terjaga.

Grilling
Memasak bahan makanan dengan proses menggunakan panas api yang sangat tinggi secara langsung disebut dengan Grilling. Tempatkan makanan pada rak Grill tepat diatas sumber api jika kita ingin Grill di tempat yang outdoor.
Gunakan selalu keranjang panggang atau alumuniom foil khusus untuk makanan yang berukuran kecil seperti sayuran cincang, hal ini dilakukan untuk mencegah potongan sayur agar tidak berantakan kelaur melalui ruas-ruas rak yang ada di tempat Grill.
Taruh makanan pada tempat broil tepat di bawah sumber panas jika kita ingin memasak dengan metode Broil, yang harus kita ingat dalam menggunakan kedua metode memasak ini adalah pada saat memanggang lemak yang ada di dalam makanan akan menetes keluar sehingga kita harus sedikit berhati-hati dalam memasaknya.



Source: Superindo, Bbuyindo

3 komentar:

  1. Wah berarti selain enak harus hati-hati juga ya dalam memasak biar nutrisinya ga hilang :o nice post ^^

    BalasHapus

Copyright © Healthy Smile Urang-kurai