Healthy Smile: Fitnes Buat Pemula

Fitnes Buat Pemula

Memiliki badan yang atletis merupakan dambaan bagi semua orang terutama kaum cowok. Salah satu cara mendapatkan badan yang atletis yaitu dengan melakukan fitnes. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, fitnes harus dilakukan secara rutin dan didukung dengan makanan yang bergizi. Saya akan memberikan ulasan mengenai hal hal yang harus diperhatikan dalam melakukan fitnes bagi para pemula. 


Makanan yang diperlukan agar bisa recovery dengan cepat
Anda beristirahat cukup, satu sampai dengan dua hari. Otot akan bertumbuh bila diistirahatkan dan dibantu dengan mengonsumsi protein yang tinggi sesuai dengan intensitas latihan yang dilakukan.

Komposisi latihan untuk triceps dan biceps 
Bila kita konsentrasi melatih otot biceps (misalkan 3 set, 15 reps), otot triceps boleh dilatih hanya 1 set saja sebagai penyeimbang gerakan latihan pada otot biceps tadi. Disarankan biceps dantriceps tidak dilatih di waktu yang sama karena akan membuat otot lengan atas (biceps dantriceps) kelelahan.

Apakah menambah berat beban dalam setiap pergantian repetisi itu baik untuk pertumbuhan otot?
Menambah berat beban di tiap repetisi boleh saja dilakukan untuk mencapai hypertrophy otot dan mencapai kekuatan otot yang maksimal. Cara ini dapat dilakukan oleh orang yang sudah mencapai level fitnes intermediate dan advance, dan tidak disarankan untuk pemula karena otot belum beradaptasi optimal. Jika dipaksakan oleh pemula, maka dapat mengakibatkan over-training dan cedera pada persendian.

Minuman yang paling tepat dikonsumsi saat latihan
Minuman yang boleh dikonsumsi saat latihan adalah minuman yang mudah diserap tubuh dengan cepat, seperti minuman mengandung elektrolit atau isotonik. Konsumsi whey protein di saat berlatih tidak disarankan, karena tubuh memerlukan waktu mencernanya. Saat mencerna whey ini, tubuh memerlukan oksigen cukup. Sementara latihan juga memerlukan oksigen cukup, bila oksigen 'berebut fungsi' untuk mencerna makanan dan untuk men-support olahraga, maka reaksi yang kerap dirasakan adalah mual, kembung, dan ingin muntah karena oksigen dan cairan bercampur dengan makanan.


Untuk memudahkan fitnes bagi pemula, berikut ini tips yang bisa dilakukan:

Lakukan jenis latihan mulai dari yang ringan. Langkah awal mesti harus melakukan pemanasan dengan rileks agar tidak cedera. Anda bisa memakai alat elliptical datau berjalan pelan di treadmill. Lakukan kira-kira 10 menit dan lanjutkan dengan peregangan. Untuk gerakan inti, cukup lakukan gerakan dalam satu set hitungan. Saat memakai alat, pilih dulu beban ringan.

Selingi istrirahat sebentar di antara latihan. Namun Anda harus tetap melakukan semua sesi latihan yang sudah direncanakan. Istrirahat hanya untuk relaksasi agar denyut jantung tidak terlalu berlebihan. Cukup lakukan istirahat satu sampai dua menit ketika akan berganti. Setelah latihan selesai, Anda bisa istirahat sembari sauna atau berendam di kolam renang beberapa menit.

Catat riwayat latihan yang telah dilakukan. Misalnya Anda mencatat berat beban yang dipakai pada latihan terakhir atau mencatat jumlah set hitungan di tiap jenis latihan. Dengan catatan ini Anda bisa melakukan pengembangan latihan ke tingkat yang lebih sulit.

Komitmen untuk terus melakukan fitnes. Orang sering memanjakan mood untuk urusan olahraga. Hari ini semangat untuk latihan, besok lebih memilih untuk bersantai dan melupakan latihan. Kalau ingin berhasil dalam fitnes, Anda mesti memiliki komitmen untuk rajin berlatih.

Mengimbangi dengan konsumsi makanan sehat. Gaya hidup sehat juga haris dterapkan untuk menunjang keberhasilan fitnes. Misalnya minum air dengan cukup, menjauhi makanan yang kaya lemak trans, banyak mengonsumsi sayuran dan buah, dan sebagainya.Tubuh Anda akan lebih sehat.


1 komentar:

  1. Nice post Kunjung ballik ya http://white-techdev.blogspot.com/

    BalasHapus

Copyright © Healthy Smile Urang-kurai