Healthy Smile: Bijak Memilih Makanan

Bijak Memilih Makanan

Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh kita. Kalori yang dihasilkan dari makanan membuat kita dapat melakukan segala aktivitas sehari hari kita. Pada umumnya masyarakat di Indonesia mengonsumsi asupan dengan kadar karbohidrat dan lemak yang banyak namun minim protein dan vitamin. Kita harus pandai memilih dan memilah makanan yang akan kita makan agar mendapatkan energi maksimal dan dapat melakukan aktivitas kita dengan baik. Kali ini saya akan memberikan tips memilih makanan dengan bijak.


  1. Pastikan komposisi menu makanan Anda seimbang. Jangan terlalu banyak karbohidrat atau terlalu banyak protein. Perbandingan komposisi Protein : Lemak : Karbohidrat yang baik adalah 40% : 15% : 45%. Batasi Kandungan lemak yang berlebih karena dapat menghambat proses metabolisme dan menyebabkan obesitas.
  2. Pilihlah sayuran dengan berbagai warna. Selain menjadikan makanan lebih menarik dan menambah selera makan, sayuran yang berwarna warni mengandung antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk melawan penyakit kronik. 
  3. Jika Anda ingin makan roti, sebaiknya Anda memilih roti dengan warna yang tidak mendekati putih. Semakin putih roti semakin tinggi risikonya. Contoh roti yang baik adalah roti yang berasal dari gandum
  4. Minumlah susu dan air putih. Susu mengandung kalsium, lemak, protein, vitamin yang baik buat tubuh kita. Air putih juga penting untuk mencegah dehidrasi dan terganggunya proses metabolisme. Minumlah air putih delapan gelas dalam sehari
  5. Tambahkan makanan yang mengandung omega 3. Omega 3 dapat membantu meningkatkan konsentrasi, kemampuan pikiran, dan daya ingat kita. Makanan yang mengandung omega 3 yakni ikan, telur, walnut, dan sayuran hijau.
  6. Kurangi makan makanan kaleng. Daging atau buah atau ikan yang diawetkan tidak sepenuhnya baik bagi kita. Cermati tanggal kadaluwarsanya dan jangan dikonsumsi jika telah berubah warna atau bau. Sama halnya dengan junk food. Jika Anda ingin makan junk food, lebih baik Anda membuatnya sendiri dengan memerhatikan kandungan gizi dan kehigienisannya.
  7. Jangan makan camilan yang sembarangan. Hindarilah makan camilan yang mengandung banyak zat aditif karena dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti kanker paru paru, penyakit ginjal, dan sebagainya. Sama halnya dengan softdrink, kopi, minuman beralkohol dan bersoda. Anda bisa menggunakan buah buahan, salad, puding, jus, dsb sebagai gantinya.

4 komentar:

  1. hehe... kalau anak kos pada minggu terakhir semua nutrisi tercampur dalam bentuk mie.

    BalasHapus
  2. makasih informasinya. berusaha melakukan itu semua

    BalasHapus

Copyright © Healthy Smile Urang-kurai