Healthy Smile: Makanan yang Dapat Menekan Nafsu Makan

Makanan yang Dapat Menekan Nafsu Makan

Nafsu makan yang berlebih dapat mengakibatkan badan kita menjadi gendut atau juga bisa menyebabkan kanker (kantong kering). Namun ada makanan tertentu yang dapat menekan nafsu makan Anda sehingga Anda dapat terhindar dari kegendutan. Saya akan berbagi informasi mengenai makanan makanan yang dapat menekan nafsu makan Anda.

Dark Chocolate
Rasa pahit dalam dark chocolate dapat bertindak sebagai penekan nafsu makan. Coklat juga mampu menurunkan tingkat grehlin dalam tubuh. Grehlin adalah salah satu zat yang mampu merangsang rasa lapar. Namun sebaiknya konsumsi tidak lebih dari satu bar coklat setiap hari, untuk menghindari resiko obesitas karena kandungan gula yang hampir mendominasi setiap coklat.

Kopi
Seperti dilansir dari Geniusbeauty.com, para peneliti dari University Of Queensland mencari kemungkinan bahwa kopi bisa menurunkan berat badan, terutama bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Hasil uji klinis tersebut menunjukkan bahwa para penggemar kopi rata-rata memiliki tubuh yang ramping. Hal tersebut disebabkan karena kopi dapat mengurangi nafsu makan dan jumlah makanan yang anda konsumsi. Dari penelitian yang dilakukan, para peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa mereka para konsumen kafein cenderung lebih bisa menekan rasa lapar lebih lama dibandingkan mereka yang tidak pernah meminum kopi.

Teh Hijau
Selain amat membantu dalam proses penurunan berat badan, teh hijau juga dapat digunakan sebagai penekan nafsu makan. Selain itu, kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya juga akan membuat anda senantiasa terhindar dari paparan radikal bebas yang bisa berakhir menjadi kanker.

Salad
Kandungan campuran buah-buahan dalam salad tentu saja bermanfaat, selain sehat dan bergizi kandungan air dalam buah juga senantiasa menekan angka nafsu makan anda. Selain itu, kandungan serat yang berlimpah dalam buah-buahan dapat melancarkan sistem pencernaan dan pembuangan.

Tahu
Tahu kaya protein dan isoflavon jenis genistein, yang dipercaya mampu menekan nafsu makan. Makanan yang berasal dari kedelai lainnya pun mengandung genistein, sehingga memiliki efek yang sama, yaitu menekan nafsu makan. Misalnya tempe dan susu kedelai.

Oatmeal
Dewasa ini, outmeal telah banyak dipilih sebagai bahan makanan sarapan yang lebih populer. Selain lebih praktis outmeal akan membuat anda kenyang dalam waktu yang lebih lama. Hal tersebut karena kandungan serat larut yang dapat menekan nafsu makan anda.


Alpukat
Buah yang kaya akan asam lemak tak jenuh ini berfungsi untuk menekan nafsu makan. Hal tersebut disebabkan karena alpukat akan memberikan rasa cepat kenyang dalam perut.

Apel
Apel juga memiliki kandungan serat yang tinggi, serta karbohidrat rendah. Saran dari ahli gizi, mengkonsumsi apel sebaiknya dikunyah, jangan dibuat jus. Hal ini disebabkan proses pengunyahan apel yang lama, menyebabkan otak akan merespon bahwa tubuh sudah cukup mendapat asupan makanan dan menekan nafsu makan.

Air Putih

Terkadang tubuh anda salah mengartikan antara rasa lapar dengan rasa haus. Untuk itu ketika rasa lapar dirasa cepat sekali menyerang, tidak ada salahnya coba redakan dengan air putih. Selain membuat anda terhindar dari dehidrasi, air putih membuat perut anda menjadi penuh. Dengan begitu nafsu makan anda akan lebih tertekan.


Source: Bidanku, Cantik Tanpa Kosmetik

1 komentar:

Copyright © Healthy Smile Urang-kurai