Healthy Smile: Makanan Penunjang Fitnes

Makanan Penunjang Fitnes

Tubuh yang sehat berawal dari makanan yang sehat pula. Makanan menjadi kunci kesehatan dan kebugaran jasmani kita. Bagi para binaragawan mengatur pola makan dan jenis makanan yang dimakan adalah suatu kewajiban agar bentuk badan dan kekuatan otot tetap terjaga. Saya akan memberikan informasi mengenai makanan yang cocok dimakan untuk anda para yang suka fitnes agar badan anda kuat dan otot anda semakin kuat.


Daging sapi
Kontribusi daging sapi terhadap pembentukan otot secara klinis dibuktikan oleh peneliti medis di University of Texas tahun 2007. T Brock Symons dan asosiate memastikan bahwa sintesis protein otot meningkat 51 persen setelah subjek yang disertakan dalam penelitian yang mengkonsumsi sekitar 120 gram sapi tanpa lemak. Sebagai tambahan, pilih daging sapi yang hanya diberi makan rumput. Daging sapi ini kaya akan asam lemak omega-3, asam lemak tak jenuh yang lebih tinggi, dan padat vitamin A dan vitamin E.

Daging kerbau atau rusa
Selain daging sapi, manfaatkan pula daging kerbau maupun daging rusa, bila memungkinkan. Kedua jenis daging ini termasuk sumber protein yang padat vitamin B, besi, fosfor, selenium, zinc, den tembaga.

Telur
Satu telur utuh mengandung 6-8 gram protein. Putih telur kaya akan vitamin, zinc, besi, dan kalsium, membuatnya menjadi salah satu makanan pembentuk otot paling lengkap yang dapat disantap. Dengan kandungan 80 persen protein, putih telur juga lebih mudah diserap tubuh untuk proses sintesis protein. 

Minyak ikan
Minyak ikan memiliki efek antiinflamasi (antiradang) yang memulihkan tubuh lebih cepat setelah berolah raga keras. Minyak ikan juga membantu mempercepat metabolisme tubuh. Tidak hanya dimanfaatkan untuk membangun otot, minyak ikan juga dapat membantu mengurangi kelebihan lemak.

Salmon
Salmon menjadi sumber protein poten yang juga mengandung asam omega-3 yang baik. Kedua bahan ini akan membantu membentuk otot, dan studi menunjukkan, hal ini akan membantu mendongkrak metabolisme untuk hasil yang lebih cepat.

Dada Ayam & Kalkun
Dada ayam dan kalkun adalah sumber protein yang paling familiar di kalangan bodybuilder. Selain rasanya yang lezat dan menggugah selera, 100 gram dada ayam mengandung 30 gram protein dengan lemak minimal dan 48 persen protein/sajian sedangkan kalkun mengandung 11 vitamin dan mineral dan kandungan protein dada kalkun bisa mencapai 73 persen protein/sajian.

Makarel
Makarel merupakan famili dari tuna namun memiliki kandungan Omega-3 yang lebih tinggi dari tuna. Omega-3 berfungsi mengurangi peradangan kronis akibat latihan intens dan proses hipertrofi otot. Makarel juga mengandung berbagai nutrisi lain seperti zinc untuk menjaga level testosteron dalam tubuh. Testosteron merupakan hormon yang berperan penting dalam pembentukan otot.

Sebuah studi pada 2011 menemukan bahwa menambahkan zinc (seng) pada atlet yang melakukan latihan berat dapat meningkatkan level testosteron dan memperbesar peluang terjadinya hipertrofi otot.

Buah Bit
Kandungan nitrat yang secara alami ditemukan dalam buah bit diklaim dapat meningkatkan performa latihan. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menemukan bahwa mengonsumsi 2 buah bit ukuran sedang satu jam sebelum latihan dapat meningkatkan performa latihan sekaligus mengurangi kelelahan saat latihan, sehingga bisa berlatih lebih lama dan memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan perkembangan otot maksimal.

Susu Cokelat Murni
Ketika Anda kehabisan susu protein maka susu cokelat murni bisa dijadikan opsi yang tepat. Susu cokelat merupakan kombinasi simpel antara whey protein dan casein. Kandungan gula yang ada dalam susu cokelat berfungsi sebagai sumber energi saat latihan sekaligus sebagai nutrisi penting untuk memaksimalkan pemulihan.

Penelitian membandingkan antara sport drink yang mengandung karbohidrat dan elektrolit dengan susu cokelat murni. Hasilnya, susu cokelat murni terbukti lebih baik dalam mensintesis glikogen otot, mencegah penyusutan otot, dan memaksimalkan pembentukan sel-sel otot baru pasca latihan.

Keunggulan lain dari susu cokelat murni adalah kandungan antioksidannya. Studi menyebutkan bahwa kandungan antioksidan pada cokelat dapat mengurangi stres dan mempercepat pemulihan setleha latihan berat.

Almond
Almond mengandung alfatokoferol, yaitu bentuk terbaik dari vitamin E yang cepat diserap oleh tubuh. Vitamin E merupakan antioksidan yang berguna untuk mencegah radikal bebas setelah Anda berlatih, sehingga otot akan lebih cepat melakukan pemulihan dan pertumbuhan. Selain itu vitamin E yang terdapat pada almond dapat mencegah Anda dari penyakit kulit. Konsumsi satu hingga dua genggam almond setiap hari akan membantu Anda meningkatkan perkembangan otot lebih optimal.

Ubi
Tidak hanya protein yang dibutuhkan tubuh dalam membangun otot. Tubuh juga memerlukan karbohidrat lepas berkala untuk mendukung pembentukan sel-sel otot baru. Karbohidrat jenis ini bisa Anda dapatkan pada ubi jalar. Makanan tradisional yang cukup mudah didapat dengan harganya yang sangat bersahabat. Jika Anda tidak doyan dengan ubi maka oatmeal bisa dijadikan alternatif lainnya. Mengapa tubuh perlu karbohidrat lepas berkala?

Ketika Anda latihan, glikogen otot menjadi sumber energi utama. Ketika level glikogen tubuh mulai berkurang sebagai dampak latihan berat, intensitas latihan Anda pun akan ikut menurun. Bahkan, bisa jadi tubuh Anda akan mengambil otot sebagai sumber energi sehingga otot pun tidak mau berkembang karena habis terbakar.

Inilah mengapa karbohidrat lepas berkala diperlukan agar tubuh Anda mendapatkan asupan karbohidrat (sumber energi) secara konsisten tanpa perlu mengambilnya dari sel-sel otot Anda.

Air
Ingat bahwa tubuh 70 persen tubuh Anda terdiri dari air. Sel-sel otot, aliran darah, dan hampir semua organ tubuh Anda terdiri dari cairan. Ketika Anda menjalankan program pembentukan otot, nutrisi penting ini tidak seharusnya Anda tinggalkan. Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan faktor penting agar otot Anda terlihat berkembang.

Keju
Menurut Mayo Clinic, keju dapat mensubsitusi daging sebagai sumber protein. Sekitar 30 gram keju rendah lemak menyumbang 7 gram protein pembentuk otot, demikian pula keju cottage. Satu cangkir keju cottage mengandung 28 gram protein yang dapat membantu pembentukan lemak. Tak hanya itu saja, kudapan yang terbuat dari keju cottage tergolong dari protein yang lambat dicerna, sehingga dapat menahan rasa lapar lebih lama.

Nanas
Merupakan sumber yang kaya akan enzim pencerna protein yang disebut bromelein. Buah tropic ini tambahan yang baik pasta olah raga.

Bayam
Penelitian di Rutgers University menunjukkan bahwa konsumsi bayam dapat meningkatkan perkembangan otot hingga 20 persen. Hanya saja, asupan bayam ini mesti banyak. Setidaknya Anda perlu menyantap 1 kg bayam per hari untuk mendapat manfaat yang sama.

Kinoa

Bila ingin sumber karbohidrat yang membantu membentuk otot, cobalah kinoa. Sebanyak 100 gram kinoa mengandung 14 gram protein bersama dengan asam amino esensial yang membuatnya menjadi tambahan yang baik bagi makanan pembentuk otot.



Source: Dunia Fitnes, Reps-id

4 komentar:

  1. Wah ternyata jadi sehat itu makanannya nggak pahit kayak yg aku kira ya bro :D tapi kalo makannya banyak juga jadi obesitas kan bro? Terus gimana nih caranya biar makannya bisa diatur biar gak berlebihan? :)

    BalasHapus
  2. gimana masaknya biar jadi makanan yang enak?

    BalasHapus
  3. ane pengen gendutan dikit, gimana caranya gan?

    BalasHapus

Copyright © Healthy Smile Urang-kurai